Mengenal Teknik Wall Pass dalam Permainan Sepak Bola

Mengenal Teknik Wall Pass dalam Permainan Sepak Bola

Mengenal Teknik Wall Pass dalam Permainan Sepak Bola

Teknik wall pass sepak bola adalah salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang pemain sepak bola. Teknik ini juga sering disebut sebagai teknik one two atau operan satu dua yang dilakukan oleh dua orang pemain. Terdengar sederhana, namun teknik ini membutuhkan latihan serta kerjasama antar dua pemain.

Jika kamu ingin menjadi seorang pemain sepak bola yang handal, tentu mempelajari serta menguasai teknik ini sangat penting. Sebelum praktik, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai teknik dasar sepak bola satu ini.

Cara Melakukan Wall Pass Secara Tepat

Wall pass adalah gerakan yang sangat dasar dari sebuah permainan sepak bola. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, teknik ini dilakukan oleh dua orang pemain dalam satu tim untuk mengoper bola supaya semakin mendekati gawang lawan. 

Lebih mudahnya, seorang pemain A harus mengoper bola ke arah pemain B karena dikejar atau dikelilingi oleh pemain lawan. Pemain B kemudian menangkap bola tersebut dengan kaki dan berlari ke arah yang sedikit pemain lawan. Kemudian pemain B melemparkan kembali bola tersebut ke pemain A yang ada di posisi baru.

Wall pass bertujuan untuk menembus atau menggempur pertahanan tim lawan yang menghalangi bola untuk masuk ke gawang lawan. Untuk bisa sukses melakukan teknis wall pass, berikut adalah caranya:

  • Kamu harus cepat memutuskan siapa pemain dalam tim kamu yang akan menerima operan bola. Biasanya pemain yang jaraknya paling dekat dengan kamu atau dengan gawang.
  • Melakukan komunikasi dengan pemain yang akan diberikan bola dengan cara berteriak “pass” dengan keras dan jelas sehingga pemain tersebut langsung bersiap untuk menerima bola.
  • Sebelum melakukan wall pass, sebisa mungkin kamu berlari cepat menghindari pemain lawan yang ingin menghadang kamu. Kecohkan tim lawan dengan berlari di sekitar mereka, jangan di depannya. Selain itu, jangan sampai melakukan kesalahan dengan mengoper bola kepada tim lawan. 
  • Jika kamu ingin mendapatkan bola dari pemain satu tim kamu, pastikan kamu sudah menemukan posisi yang aman untuk menerima bola. Pastikan area di sekitar kamu cukup lowong dan ada jarak antara kamu dengan pemain lawan. Jika kamu terlalu dekat dengan lawan, bola kemungkinan bisa direbut.
  • Meskipun kamu berada cukup jauh dari pemain tim kamu yang sedang membawa bola, kamu juga harus tetap bersiap untuk menerima bola dalam keadaan darurat. Keadaan darurat ini adalah saat pemain tim kamu dikelilingi oleh banyak pemain lawan.

Meskipun teknik wall pass sepak bola tampak sederhana dan mudah, kamu tetap harus melatih diri kamu untuk berkomunikasi dengan pemain satu tim. Selain itu, kemampuan untuk membuat keputusan dengan cepat untuk mengoper bola sangat dibutuhkan.

Mengenal Teknik Wall Pass dalam Permainan Sepak Bola

About admin

Check Also

Cara Menendang Bola Terbaik Agar Masuk ke Gawang

Cara Menendang Bola Terbaik Agar Masuk ke Gawang

Menendang bola adalah gerakan yang paling dominan dalam pertandingan sepak bola. Untuk menjadi juara dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *